Pengantar Pentingnya Biaya - Adalah Untuk sanggup memahami fungsi dan pengertian akuntansi biaya sanggup dipertamai dengan pemahaman bahwa perusahaan dalam pengelolaan dan pencapaian tujuannya memerlukan alat. Alat menolong tersebut yaitu administrasi yang sanggup memmenolong perusahaan dalam pengelolaannya dan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen yaitu proses yang sistematis dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan serta pengendalian pada seluruh sumber daya perusahaan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.
Di dalam Manajemen dikenal ada beberapa tingkatan, tingkatan tersebut yaitu :
1. Top management dengan orang yang bertanggungjawaban yaitu eksekutif utama, para eksekutif dan chief executive officer
2. Midlle management dengan orang yang bertanggungjawaban yaitu general manager, manager dan kepala disvisi
3. Lower management dengan orang yang bertanggungjawaban yaitu supervisor
Dalam acara operasionalnya seluruh tingkatan administrasi memerlukan data biaya. Data biaya tersebut dipakai dalam proses pengambilan keputusan operasional perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efisien dan efektif secara ringkas proses administrasi yaitu sebagai diberikut :
1. Perencanaan yaitu proses untuk memilih tujuan yang akan dicapai dan mengatur taktik yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Proses ini sanggup disusun dalam jangka pendek dan panjang serta sekaligus menjadi alat dalam pengendalian.
2. Pengorganisasian yaitu proses mengalokasikan seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan dan mengelola penerapan sumber daya tersebut secara efisien.
3. Pengarahan yaitu proses mengarahkan, memimpin dan memotivasi supaya pelakasanaan planning dan penggunaak sumber daya sempurna dan optimal
4. Pengawasan dan pengendalian yaitu proses yang memastikan bahwa seluruh perencanaan dilaksanakan dengan benar dan akan dilakukan tidakan koreksi kalau terjadi suatu penyimpangan.
Dalam proses pengalokasian seluruh sumber daya perusahaan diharapkan sebuah struktur organisasi perusahaan. Struktur organisasi perusahaan akan bermanfaa pada sistem akuntansi biaya pada beberapa hal sebagai diberikut :
1. Dalam penyusunan sistem biaya, pelaporan biaya dan pertanggungjawabanan biaya yaitu sesuai dengan wewenang dan hierarkhi organisasi
2. Dalam penyusunan sistem informasi keuangan yaitu sebagai dasar pengambilan keputusan
Pada gambar 1.1. sanggup dilihat rujukan struktur organisasi perusahaan dengan struktur lini dimana divisi produksi terpisah sebab bekerjasama eksklusif dengan penentuan harga pokok produk dan divisi keuangan membuktikan data biaya sebagai dasar dalam proses transaksi dan laporan biaya.
Gambar 1.1 Struktur Organisasi Perusahaan Lini
Sekian terkena Pentingnya Biaya, semoga ini sanggup memmenolong.
0 comments
Post a Comment